Jumat, 04 Desember 2015

RPP Sistem Reproduksi kelas IX

.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             :  SMPN 46 PALEMBANG
Mata Pelajaran             :  IPA
Kelas/ Semester           :  IX/1
Alokasi Waktu             :  1 Jam Pelajaran (1 x Pertemuan)
Standar Kompetensi
: 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi Dasar
: 1.2 Mendiskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
Indikator

:1. Menulis artikel tentang  cara  penularan dan pencegahan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi

2. Menyadari pentingnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
Tujuan Pembelajaran
:
Peserta didik mampu:
1.      Menyebutkan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
2.      Menjelaskan cara penanggulnganya
3.      Menyadari pentingnnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
Karakteristik siswa yang diharapkan
: Jujur, Bertanggung jawab, Perhatian, dan Ketelitian
Materi Pembelajaran
: Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi beserta cara penanggualangan dan
Model
: Problem based learning
Metode pembelajaran
: Think pair share

Jenis kegiatan
Rincian kegiatan
Alokasi   Waktu
Guru
Siswa
Pendahuluan

1.     Guru memberi salam, membuka pelajaran dengan basmalah, dan pengecekan daftar hadir
Mendengarkan dan menjawab perkataan guru dengan baik

 15
2.   Memberikan apersepsi dengan bertanya :’’siapa yang mandi tidak pakai sabun? Jika kita tidak mandi pakai sabun apa yang terjadi ?
Peserta didik menjawab
pertanyaan yang dilontarkan guru.

3.                 Menyampaikan topik yang akan dipelajari yaitu Penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi beserta cara penanggualangan dan
4.  Menuliskan Tujuan pembelajaran dipapan tulis


Memperhatikan dan mencatat pada buku cataan


Inti
Eksplorasi
1.      Peserta didik diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
2.      Peserta didik diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
3.      Memimpin pleno diskusi kecil, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
4.      Berawal dari kegiatan tersebut, pembicaraan diarahkan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan siswa
Konfirmasi
1.      Guru membimbing Murid untuk memberikan kesimpulan terhadap proses pembelajaran hasil pembelajaran

Berfikir bersama





Mengikuti intruksi guru dengan baik dan mengutarakan pendapat nya

Mengemukakan hasil diskusi





Mendengarkan dengan baik




Melakukan kesimpulan terhadap proses pembelajaran hasil pembelajaran
60
Penutup
1.      Guru memberikan tugas dirumah dengan menyebutkan halaman pada LKS kepada peserta didik mengenai hasil belajar.
2.      Guru mengakhiri dan menutup pelajaran

5

Sumber belajar:
a.       Alat                              : Papan tulis dan alat tulis
b.      Buku Sumber               : Buku IPA Biologi kelas IX Ganjil Penerbit erlangga
                                                            Learning more Biology 3 Grafindo media. Lks
Media                                 : Visual (Gambar)
Penilai hasil belajar           : kognitif (Tes tertulis)



Mengetahui,
Kepala SMPN 46 Palembang  




Drs. Arjo Mulyo, M.pd
NIP. 196601141994031003
       Palembang ,                2015
Guru Mata Pelajaran
                                                        

                                                          Nelly Elfita S.Pd M.Pd
NIP.197002911193022003
                                                                    




































Mengetahui,
a.n Kepala Sekolah SMPN 46 Palembang
Guru Pamong




Nelly Elfita,  S.pd M.Pd
NIP  197002911993022003






             Palembang,           2015
                 Mahasiswa PPLK II





                  Fauziatul Islamiyah
                        122222036































LAMPIRAN
Penilaian Tugas
Kompetensi dasar : 1.2 Mendiskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
Tujuan             : 1. Menyebutkan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi
2. Menjelaskan cara penanggulnganya
3. Menyadari pentingnnya menjaga kesehatan organ sistem reproduksi
Nama    :
Kelas    :

Carilah macam-macam kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi manusi dari berbagai sumber, kemudian catatlah hasilnya pada tabel berikut ini !

No
Nama kelainan dan penyakit pada sistem Reproduksi manusia
Penjelasan
1





2




3




4




5




6





7




8






Kesimpulanku :







Foto Kegiatan Belajar Mengajar
Di SMP N 46 Palembang

      
         Guru Membuka Pelajaran                             Berfikir Bersaa memecahkan masalah



         
Share Bersama teman sebangku dan menuliskan                Share bersama
dibuku catatan

























DAFTAR NILAI SISWA
Kompetensi Dasar
: 1.2 Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia
Pelaksanaan
: 6 Oktober  2015
Kelas IX-7
No
Nama
Nilai
1
Ahmad Sulthoni
90
2
Aldy Nurindo
     100
3
Anissa Ramadini
100
4
Apriliyanti
90
5
Arief Hidayatullah
100
6
Cici Dwi Sopyan
100
7
Dandi Irianto
97
8
Dian Saputri
100
9
Dinda Anisa
100
10
Feriska
85
11
Jaya Ridwan
100
12
Juanda Josep Halomoan Parapat
100
13
Khofifah Nurjannah
87
14
M.Hasyim Febrio
100
15
Mardalena Anggraini
100
16
Marsita Nur Islamiyah
85
17
Mawar Rahmadita
100
18
Medy Ardiansyah
90
19
Mona Arkadila
98
20
Muhammad Fakhri Kamil
100
21
Muhammad Yazid Mustofa
100
22
Naufal Rizky Lutfillah
100
23
Newaldi Nalasangga
100
24
Nino Dwi Wahyu
100
25
Nur Fadillah Morli Amri
87
26
Nurul Hasanah
100
27
Putri Amalia Anggraini
100
28
Reka Andika
100
29
Reza Saputra
100
30
Riduan Sahala Simamora
100
31
Ridwan Salim
100
32
Serlly Marshela
100
33
Sindy Jihan Nabillah Ramadhini
100
34
Siti Aissa
100
35
Tri Oktatiana
100
36
Vanessa Adellia Ismed
87
37
Widya Wulandari
100
38
Yomanda Malpaesa
87
39
Yudhistira Arya Putra
80



Tidak ada komentar:

Posting Komentar